Visi Misi

Administrator 01 April 2013 08:14:06 WIB

VISI DAN MISI

  1. VISI

Visi adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan yang diinginkan dengan melihat potensi dan kebutuhan Desa. Penyusunan Visi Desa Loloan ini dilakukan dengan pendekatan partisipatif, melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan di Desa Loloan seperti Pemerintah Desa, BPD, Tokoh Masyarakat, tokoh Agama, lembaga masyarakat Desa dan masyarakat Desa pada umumnya.

Dalam penyusunan RPJMDes memerlukan satu filosofi pembangunan yang mampu menjadi pedoman bagi Desa untuk menentukan visi, misi dan arah pembangunan. Filosofi pembangunan Desa Loloan Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara  dengan Motto yaitu TIOQ TATA TUNAQ  yang dapat juga  dimaknai sebagai Pengabdian Oleh Individu, Lembaga, Dan Masyarakat Untuk Berpartispasi Dalam Pembangunan  dengan tetap berpedoman kepada nilai “ TIOQ TATA TUNAQ”  maka berdasarkan pertimbangan di atas Visi Desa Loloan adalah :

 

TERWUJUDNYA MASYARAKAT DESA LOLOAN  YANG SEJAHTERA

SEHAT AMAN BERIMAN DAN BERBUDAYA

 

Dengan harapan cita-cita yang tertuang dalam visi tersebut dapat menjadi referensi untuk mengaplikasikan semangat yang tertanam dalam visi pembangunan Kabupaten Lombok Utara periode 2010-2014 yaitu : “TERWUJUDNYA MASYARAKAT LOLOAN YANG MAJU, JUJUR, ADIL, MANDIRI DAN BERBUDAYA DENGAN DILANDASI NILAI-NILAI TIOQ TATA TUNAQ“.

  1. MISI

      Selain Penyusunan Visi juga telah ditetapkan misi-misi yang memuat sesuatu pernyataan yang harus dilaksanakan oleh Desa agar tercapainya visi Desa tersebut. Visi berada di atas Misi. Pernyataan Visi kemudian dijabarkan ke dalam misi untuk memudahkan didalam pelaksanaan program. Sebagaimana penyusunan Visi, misi pun dalam penyusunannya menggunakan pendekatan partisipatif dan pertimbangan potensi serta kebutuhan masyarakat Desa Loloan, sebagaimana proses yang dilakukan maka misi Desa Loloan adalah :

  1. Meningkatkankualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat berdasarkan prinsip ekonomi Desa secara berkelanjutan dan berkeadilan.
  2. Meningkatkan pelayanan pendidikan dan kesehatan masyarakat berdasarkan prinsip kemandirian dan partisipasi masyarakat.
  3. Menyelenggarakan Pemerintahan yang Transparan, Akuntabilitas, Partisipatif dan Responsif
  4. Membangun sarana dan prasarana berbasis masyarakat
  5. Meningkatkan dan memberdayakan peran wanita dan pemuda serta taraf hidup masyarakat miskin.
  6. Membangun Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) melalui peran serta lembaga masyarakat
  7. Membangun semangat otonomi Desa yang bermakna bagi kehidupan masyarakat.
  8. Memfasilitasi pengadaan sarana dan prasarana perumahan, dan air bersih yang berkualitas
  9. Memfasilitasi upaya peningkatan pendapatan masyarakat dan penanganan kemiskinan serta penyandang masalah kesejahtreraan sosial lainnya
  10. Menciptakan kondisi lingkungan yang kondusif dan agamis
  11. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui Multi Usaha Produktif.
  12. Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui Pendidikan dan Keterampilan
  13. Membangun semangat masyarakat dengan memegang teguh Budaya dan nilai – nilai luhur adat istiadat masyarakat.

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Loloan

tampilkan dalam peta lebih besar