Kekayaan Hasil Perkebunan di Dusun Torean

Administrator 13 Juli 2017 12:05:05 WIB

Dusun Torean terletak paling Selatan desa Loloan Kabupaten Lombok Utara yang mengandalkan hasil perkebunan hal itu bisa dilihat  dari meningkatnya kualitas maupun kuantitas produksi komoditi perkebunan di dusun Torean. Dusun Torean juga menghasilkan sejumlah produk perkebunan yang berkualitas bagus antara lain  produksi kopi , cokelat , kemiri, dan jagung .Akses jalan menuju dusun Torean sudah memadai sehingga mudah di jangkau dan memudahkan para petani  akses panennya .

Sekalipun  dusun Torean terletak di daerah perbukitan di bawah lereng Gunung Rinjani.Rusdin kepala dusun Torean menyebutkan hasil panen perkebunan jagung mencapai angka 400 ton serial panennya begitu juga kopi mencapai 200 ton yang di hasilkan masa panennya.

Dengan adanya swadaya pemerintah yang membantu proses masa panennya pemerintah membuatkan jembatan gantung yang berfungsi untuk  mengangkut hasil panen yang berada di sebelah timur dusun Torean yang di pisahkan oleh sungai kering dengan kedalaman yang sangat curah. Dan mengeefesienkan waktu panen sekaligus biaya pengangkutannya. Petani jagung menyebutkan dulu sebelum ada jembatan ini pengangkutan hasil panen menghabiskan waktu satu bulan lebih dan biaya pengangkutan bagi dua dari hasil panennya.

Harapan para petani dusun Torean terus mendukung dalam produksi hasil perkebunan yang berkualitas dan kuantitas.

Komentar atas Kekayaan Hasil Perkebunan di Dusun Torean

irawadi 19 Juli 2017 04:14:37 WIB
semangat adindaku wira dan iin serta pemuda yang lainnya, jangan pernah lelah untuk membangun desa tercinta kita ini, kalau bukan kita siapa lagi... saya sangat salut dengan langkah kecil teman-teman pemudah tentunya disokong oleh kaum tua dan aparat desa loloan, pemangku adat... sehingga pergerakan pemuda bisa terhujud... salam pemuda desa loloan.
amak kangkung 16 Juli 2017 04:06:22 WIB
Keren... Tetap semangat...tanamkan jiwa nasionalisme sejak dini
nurilah 16 Juli 2017 03:22:32 WIB
Matap jiwa

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Loloan

tampilkan dalam peta lebih besar